Jumat, 19 September 2008

Event Organizer

Pergeseran trend pemasaran ke arah community marketing mendatangkan dampak postif bagi sebuah event organizer (EO). Perusahaan yang dulunya hanya mengandalkan iklan untuk memperkenalkan produknya sekarang ini dituntut agar produk mereka dapat benar-benar dirasakan atau bahkan di eksploitasi lebih detail oleh para konsumen. Dalam hal inilah sebuah E.O bekerja, dengan memberikan suatu kesan yang eksklusif terhadap produk dari sponsor diharapkan dapat terbentuk sebuah komunitas yang benar-benar loyal terhadap produk tersebut.

Dalam merencanakan sebuah kegiatan, seorang E.O harus memperhitungkan faktor-faktor penting agar sebelum merencanakan membuat suatu event. Banyak faktor yang harus diperhitungkan seorang E.O salah satunya adalah dalam mencari sponsor. Peran sponsor dalam penyelenggaraan sebuah event sangat besar. Dapat dikatakan sponsor merupakan faktor mutlak yang harus dimiliki sebuah EO, tanpa adanya sebuah sponsor yang membeli atau membiayai ide-ide kreatif sebuah EO dapat dikatakan seperti seorang anak yang pintar namun tidak punya biaya sekolah.
Didalam benak kita bersama, pasti pernah terbesit kata-kata: “kenapa sebuah produk / perusahaan mengadakan acara seperti ini” apa sih manfaatnya bagi mereka?

Tujuan Dan Manfaat Sponsorship

Secara umum ada 2 tujuan yang ingin dicapai perusahaan melalui sponsorship yaitu: meningkatkan Brand Awareness; dan membangun, memperkuat atau merubah brand image (Cornwell and Maigan 1998; Croley 1991; Gwinner 1997; Marshal and Cook 1992; Meenaghan 1991; Meerabeau et al, 1991).
Beberapa manfaat sponsorship,yaitu:
1. Fleksibilitas-sponsorship memberikan kesempatan perusahaan untuk melakukan promosi kepada target market atau komunitas atau group konsumen tertentu. Kegiatan ini memberikan kesempatan untuk melakukan hubungan secara lebih dekat dengat target market tersebut dengan mengasosiasikannya dengan perusahaan, brand atau kegiatan itu sendiri.
2. Brand equity, sponsorship dapat menjadi sebuah sebuah kendaraan branding yang penting yang dapat mengespansi, mendorong atau bahkan mengubah karakteristik brand personality melalui asosiasi dengan tuuan dan kualitas kegiatan yang disponsori.
3. Media exposure- perusahaan dapat mendominasi media tanpa perlu bersaing dengan media lain.
4. Efektifitas biaya- sponsorship memungkinkan perusahaan mendapatkan brand awareness dengan jangkauan yang luas dibandingkan melalui media tradisional.
(BRANDNA Magazine 2007:4)

1 komentar:

Admin mengatakan...

http://www.facebook.com/first.to.floor